Surya-Prabowo Inginkan Amandemen UUD 1945 Menyeluruh

    Kautsar Widya Prabowo - 14 Oktober 2019 02:11 WIB
    Surya-Prabowo Inginkan Amandemen UUD 1945 Menyeluruh
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua dari kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua dari kiri). Foto: Medcom.id/ Kautsar WP
    Jakarta: Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sama-sama menyepakati amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak terpatok pada Garis Besar Haluan Negara (GBHN) baru.

    Surya menyebut penyelenggaran pemilu serentak juga harus dibenahi. Dia bilang sistemnya perlu dievaluasi apakah telah sesuai atau tidak.

    "Putusan Mahkamah Konstitusi  ini berdasarkan tafsiran UUD harus serempak. Ini kita pikirkan bersama apakah akan dilanjutkan lima tahun ke depan pemilu serempak tadi atau kembali terpisah. Misal pileg duluan menyusul pilpresnya," ujar Surya di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Minggu malam, 13 Oktober 2019.

    Sekertaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Jhonny G Plate menambahkan dalam melakukan amandemen menyeluruh dibutuhkan kajian yang komperhensif dengan melibatkan berbagai kalangan, baik dari MPR maupun masyarakat. 

    "Apakah itu melalui cendekiawan, akademisi, kampus-kampus sipil of society, masyarakat adat ya tokoh-tokoh agama, betul-betul berpartisipasi publik," tutur Jhonny.

    Jhonny menekankan amandemen secara menyeluruh tidak dapat dibuat secara asal-asalan, lataran berkaitan dengan ideologi negara sebagai dasar sumber hukum. Terlebih ia menyebut dalam pembahasan amandemen UUD 1945 hanya dibahas oleh anggota MPR, DPR, dan DPD, sedangkan presiden tidak ikut dilibatkan.

    "Kedua pemimpin (Surya Paloh-Prabowo Subianto) berpandangan bahwa amandemen itu harus komperhensif. Harus kajian yang betul-betul mendalam karena ini terkait dengan hukum dasar negara," pungkas Jhonny.




    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id