Ketua Komisi V Nilai Maskapai Indonesia Butuh Stimulus

    Antara - 08 April 2021 11:55 WIB
    Ketua Komisi V Nilai Maskapai Indonesia Butuh Stimulus
    Ilustrasi penerbangan. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Ketua Komisi V DPR Lasarus mendorong pemerintah memberikan insentif kepada seluruh maskapai penerbangan di Indonesia. Stimulus saat pandemi covid-19 tersebut dapat menekan biaya operasional maskapai.

    “Pemberian insentif sangat penting karena maskapai memiliki andil terhadap pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi juga kepada penerimaan negara,” kata Lasarus dilansir Antara, Kamis, 8 April 2021.






    Insentif yang diberikan bisa berupa pengurangan pungutan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari biaya-biaya kebandarudaraan. Termasuk biaya mendarat pesawat yang selama ini dibebankan ke maskapai.

    Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan insentif tidak hanya menjadi urusan Kementerian Perhubungan. Kementerian Keuangan yang mengatur PNBP juga mesti proaktif menyusun strategi untuk melindungi sektor penerbangan dari dampat pandemi.

    Baca:

    Ia mengatakan maskapai membutuhkan stimulus agar bisa pulih dari dampak pandemi yang telah berjalan setahun. Terlebih, kebijakan pemerintah seputar mobilisasi warga saat Ramadan dan Lebaran 2021 memengaruhi finansial maskapai.

    Dia menilai maskapai juga membutuhkan fleksibilitas pembayaran ke sejumlah BUMN terkait penerbangan. Misalnya Pertamina selaku penyedia bahan bakar pesawat, AirNav, dan Angkasa Pura.

    “Persoalannya saat ini, Kementerian Keuangan harus bersedia penerimaan negara dari industri ini berkurang. Masalah insentif bagi maskapai ini yang akan kami bahas lebih intensif dengan Dirjen Perhubungan Udara," ujar Lasarus.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id