TNI-Polri Diminta Meyakinkan Teror Sigi Tak Terkait Sentimen Keagamaan

    Theofilus Ifan Sucipto - 30 November 2020 14:01 WIB
    TNI-Polri Diminta Meyakinkan Teror Sigi Tak Terkait Sentimen Keagamaan
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: TNI dan Polri diminta meyakinkan publik bahwa teror di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, murni tindakan kriminal. Tindakan pembunuhan dan pembakaran rumah warga dan tempat ibadah itu tak terafiliasi agama apa pun.

    “Bahwa aksi teror itu jelas kriminal dan menjauhkan pikiran adanya sentimen terhadap pemeluk agama atau kepercayaan tertentu,” kata Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, dalam keterangan tertulis, Senin, 30 November 2020.

    Azis mengatakan negara harus menjamin perlindungan terhadap warga negaranya dan memberi rasa aman. Dia mendesak pelaku teror di Sulteng segera ditangkap dan ditindak tegas.

    Masyarakat, kata Azis, harus tenang dan tidak terprovokasi isu sentimen keagamaan. Sebab, hal itu dapat merusak kerukunan antarumat.

    Baca: TNI Berangkatkan Pasukan Khusus Buru Pelaku Teror di Sigi
     
    “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu,” tutur dia.

    Sebelumnya, satu keluarga di Desa Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah, dibunuh pada Jumat, 27 November 2020. Pelaku diduga kelompok teroris.

    Pada peristiwa itu, satu rumah pelayanan atau rumah yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh warga turut dibakar. Perkampungan dihuni sekitar 40 kepala keluarga (KK).

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menerima perintah mengejar pelaku teror di Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah. Dia segera mengirim pasukan untuk memburu pelaku yang merupakan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. 

    "Besok pagi akan diberangkatkan pasukan khusus dari Halim (Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur) menuju Palu, ditugaskan ke Poso untuk perkuat pasukan yang sudah ada di Poso," kata Hadi, Senin, 30 November 2020.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id