Pendekatan Humanis Polisi Dibutuhkan dalam PSBB

    Kautsar Widya Prabowo - 09 April 2020 06:00 WIB
    Pendekatan Humanis Polisi Dibutuhkan dalam PSBB
    Ilustrasi/Medcom.id/Theofilius.
    Jakarta: Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membutuhkan pendekatan humanis dan persuasif dari kepolisian. Sehingga masyarakat tak ketakutan saat kebijakan untuk menekan penyebaran korona (covid-19) itu berlaku.

    "Ketegasan harus ditunjukkan sebagai bukti nyata kehadiran negara, tetapi prinsip profesional, modern, dan terpercaya juga mesti dipertahankan," ujar Ketua Komisi III DPR Herman Herry di Jakarta, Rabu, 8 April 2020. 

    Baca: Polri Diminta Menjalankan Fungsi Kamtibmas Saat PSBB

    Kehadiran Polisi sangat penting dalam implementasi PSBB. Termasuk memastikan tidak ada tindakan melawan hukum dalam ketersedian kebutuhan warga. Misalnya terkait logistik dan alat pelindung diri serta kebutuhan medis.

    Herman meminta pengawasan polisi dilakukan dari hulu hingga hilir. Dia juga mengajak masyarakat untuk mendukung kebijakan PSBB, khususnya di DKI Jakarta.

    Menurut dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memilih untuk menerapkan pembatasan itu. Masyarakat diminta menghargai keputusan tersebut dengan menaati larangan selama PSBB. 

    "Masyarakat sama-saa memperhatikan isi Permenkes terkait PSBB dan mematuhi serta melaksanakan kebijakan PSBB," pintanya.

    PSBB di DKI Jakarta akan berlaku besok, Jumat, 10 April 2020. Kebijakan itu untuk menekan warga agar tak keluar rumah selama pandemi korona.

    "PSBB ini akan berlaku hari Jumat tanggal 10 April pukul 00.00 WIB, nanti akan banyak patroli," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Rabu, 8 April 2020.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id