9.113 Daerah 3T Kebagian Internet Akhir 2020

    Nur Azizah - 07 Agustus 2020 13:57 WIB
    9.113 Daerah 3T Kebagian Internet Akhir 2020
    Ilustrasi telekomunikasi. Istimewa
    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal memasang saluran internet di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Pembangunan ditargetkan selesai akhir 2020.

    "Sebanyak 9.113 di daerah 3T itu akan dibiayai Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, dana murni APBN, dan pendapatan negara bukan pajak," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2020.

    Selain itu, 3.435 daerah non-3T juga akan dipasang internet yang dibiayai operator seluler. Johnny berharap operator seluler bisa menyelesaikan sesuai target Kominfo.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Salah satunya, menyediakan akses layanan internet di 12.500 desa.  

    (Baca: Baru Delapan Daerah di Papua Punya Internet Lancar)

    Jokowi menuturkan pandemi bisa menjadi momen mempercepat transformasi digital. Sebab, pandemi telah mengubah cara kerja, beraktivitas, dan berkonsumsi.

    "Pandemi juga mengubah cara belajar, cara bertransaksi yang sebelumnya offline dengan kontak fisik menjadi lebih banyak ke online dan digital. Perubahan seperti ini perlu segera diantisipasi dan disiapkan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 3 Juli 2020.

    Survei IMD World Digital Competitiveness 2019 mencatat infrastruktur digital Indonesia masih di peringkat 56 dari 63 negara. Indonesia masih tertinggal dengan negara tetangga.

    "Memang kita di bawah sekali, lebih rendah dibandingkan dengan beberapa negara tetangga kita di ASEAN, misalnya Thailand di posisi 40, Malaysia di posisi 26, dan Singapura di posisi nomor 2," tutur Jokowi.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id