Menaker: Ruang Dialog RUU Ciptaker Masih Terbuka

    Nur Azizah - 17 Februari 2020 20:25 WIB
    Menaker: Ruang Dialog RUU Ciptaker Masih Terbuka
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah siap berdiskusi terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker). Pemerintah bakal menyampaikan aturan ini secara gamblang. 

    "Ruang dialog masih terbuka. Kita sudah menyampaikan kepada DPR, kami juga sepakat dengan DPR akan menyosialisasikan RUU tersebut ke seluruh stakeholders," kata Ida di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 17 Februari 2020.

    Menurut dia, Kementerian Ketenagakerjaan sudah memiliki tim sosialisasi tripartit. Tim terdiri dari pemerintah, pengusaha, dan buruh.

    "Tim ini di samping lakukan sosialisasi, tim ini juga membahas tentang substansi termasuk sampai menyiapkan bersama-sama membahas, menyiapkan, peraturan teknis perintah dari UU," ujar dia.

    Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tak menampik ada kelompok buruh yang menolak masuk tim tersebut. Namun, setelah diberi penjelasan, kelompok itu akhirnya menyerahkan nama untuk masuk tim sosialisasi.

    "Kami harap teman-teman buruh masuk. Pikiran dan gagasan bisa didialogkan di dalam," kata Ida

    Presiden Joko Widodo diminta mengajak buruh berdiskusi soal omnibus law terkait cipta kerja. Pemerintah perlu menyerap aspirasi buruh dalam membahas aturan perundang-undangan.
     
    "Seharusnya Pak Jokowi kalau ini penting harus ngundang pimpinan buruh, tanya apa problem dan solusinya," kata Deputi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi, Minggu, 16 Februari 2020.
     
    Menaker: Ruang Dialog RUU Ciptaker Masih Terbuka
    Menaker Ida Fauziyah dalam Silaturahmi Daerah (Silatda) Bu Nyai Se-Jawa Barat di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 24 November 2019. Foto: Medcom.id/A Rofahan

    Rusli meminta pemerintah tidak serampangan dalam membuat aturan. Dia mendesak proses penyusunan draf omibus law dibuka secara gamblang ke publik.

    Rabu, 12 Februari 2020, pemerintah menyerahkan draf RUU Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani. Draf terdiri atas 79 UU dengan 15 bab dan 174 pasal. Draf akan dibahas pemerintah dengan tujuh komisi di DPR.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id