comscore

Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya Dinantikan

Anggi Tondi Martaon - 07 Juli 2022 16:07 WIB
Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya Dinantikan
Ilustrasi parlemen/Medcom.id
Jakarta: DPR baru saja mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya. Langkah tersebut didukung karena penantian panjang masyarakat di sana.

"Perjuangan Provinsi Papua Barat Daya ini sungguh luar biasa. Bukan satu atau dua tahun belakangan, tapi perjuangan Provinsi Papua Barat Daya diperjuangkan mulai 20 tahun lalu," kata Ketua Tim Percepatan Pemekaran Provinsi Papua Barat Daya Lambert Jitmau di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2022.
Wali Kota Sorong itu menyampaikan pemekaran wilayah di Papua Barat harus dilakukan. Sebab, pengelolaan wilayah di Bumi Cenderawasih tidak bisa hanya dilakukan dua pemerintahan provinsi, terutama di Papua Barat

"Pulau yang terbesar ada di tanah Papua, dengan kehadiran dua provinsi kami tidak bisa membangun masyarakat di sana," ungkap dia.
 

Baca: Pakar Sebut Pemekaran Papua Tidak Menjamin Pembangunan Merata 


Salah satu dampak pengelolaan wilayah hanya dilakukan dua provinsi yaitu pelayanan pemerintah yang tidak bisa dirasakan seluruh masyarakat. Terutama, warga Papua yang tinggal di lereng gunung, pesisir, dan wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan. 

"Karena itu lah kami ingin punya suatu niat baik, yaitu keinginan Papua harus dibagi dari wilayah kecil sampai wilayah besar. Dalam artian dimekarkan dari provinsi hingga kab/kota sesuai kebutuhan," sebut dia.

Lambert berharap keputusan lembaga legislatif menetapkan RUU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya segera ditindaklanjuti. Sehingga, keinginan adanya mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat Daya bisa terwujud.

"Pemekaran tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat, terutama di sana. Bapak harus punya tekad membangun Papua," ujar dia.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id