comscore

KSP: Pengesahan RUU IKN Melalui Proses Matang

Andhika Prasetyo - 19 Januari 2022 11:11 WIB
KSP: Pengesahan RUU IKN Melalui Proses Matang
Desain istana negara di Kalimantan Timur. Instagram/Nyoman Nuarta.
Jakarta: Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Wandy Tuturoong, membantah proses pembahasan dan pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang-undang (UU) terburu-buru. Perumusan peraturan perundangan itu dipastikan sudah melalui proses diskusi yang matang dan komprehensif.

"Ini yang harus diketahui publik. Komunikasi dengan pemerintah, khususnya Bappenas, dalam persiapan draf RUU, Perpres bahkan rancangan masterplan sudah berlangsung lama, sejak periode lalu," ujar Wandy melalui keterangan resmi, Rabu, 19 Januari 2022.
Dia mengatakan rumusan RUU IKN juga didukung kajian beserta naskah akademik yang sudah dibahas bersama antara Pemerintah, DPR, dan para ahli. Wandy menekankan saat ini yang paling penting adalah mengawal proses selanjutnya agar pandangan berbagai pihak bisa diakomodir dalam pelaksanaan pemindahan IKN.

"Kerja sama penuh antara seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan pemindahan Ibu Kota baru ini," tegas dia.

Baca: UU IKN Disahkan, Polri Mulai Lakukan Persiapan

Sebelumnya, DPR mengesahkan RUU IKN menjadi UU pada sidang paripurna, Selasa, 18 Januari 2022. Dalam sidang, mayoritas fraksi menyetujui pengesahan UU IKN kecuali dari fraksi PKS.
 
"Kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU tentang IKN dapat disahkan menjadi undang-undang," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Januari 2022

"Setuju," jawab anggota DPR yang mengikuti Rapat Paripurna secara fisik dan virtual yang diikuti suara ketukan palu pengesahan.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id