comscore

Wapres Perintahkan Target Sanitasi Layak Terwujud di 2030

Kautsar Widya Prabowo - 18 Mei 2022 16:27 WIB
Wapres Perintahkan Target Sanitasi Layak Terwujud di 2030
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan akses terhadap sanitasi dan air minum aman merupakan hak asasi setiap manusia. Dia memerintahkan target pemenuhan kelayakan sanitasi terwujud pada 2030.

"Untuk akses sanitasi, saat ini sekitar 80 persen penduduk mempunyai akses sanitasi layak, sedangkan sanitasi aman baru dinikmati oleh sekitar 7 persen penduduk Indonesia," ujar Ma'ruf dalam acara 'Sector Minister's Meeting (SMM) Sanitation and Water for All (SWA) 2022' di Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.
Adapun akses terhadap air minum layak di Indonesia telah menjangkau lebih dari 90 persen penduduk. Namun, capaian akses air minum aman baru sekitar 11 persen.

Baca: Wapres: Bangun Budaya Olahraga di Masyarakat untuk Lahirkan Atlet Berprestasi

Wapres menuturkan penyediaan air minum dan sanitasi yang aman menentukan kualitas hidup manusia. Ma'ruf berharap forum yang dihadir 80 menteri sedunia ini dapat mendorong peningkatan akses sanitasi dan air minum yang aman.

"Melalui pertemuan ini, kita teguhkan komitmen bersama secara global untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sanitasi dan air minum aman, serta menjadikan penyelesaian masalah ini sebagai prioritas pembangunan di negara kita,” ungkap dia.

Pada kesempatan yng sama, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Josaphat Rizal Primana mengungkapkan tahun ini pertama kalinya SMM membahas kaitan air minum dan sanitasi. Isu tersebut dikolaborasikan dengan tiga krisis, yaitu pandemi covid-19, darurat iklim yang meningkat, dan ekonomi global yang sedang berjuang dalam pembangunan berkelanjutan.

"Ketiga krisis tersebut berkaitan erat dengan akses masyarakat atas air minum dan sanitasi serta perlunya investasi untuk memastikan akses tersebut dapat dicapai. Pasalnya, hampir 90 persen bencana iklim terkait dengan air, termasuk banjir, kekeringan, dan kualitas air yang memburuk," terang Josaphat.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id