comscore

Eks Pegawai BPPT Mengadu ke Komnas HAM Soal Dampak Peleburan BRIN

Dhika Kusuma Winata - 05 Januari 2022 20:31 WIB
Eks Pegawai BPPT Mengadu ke Komnas HAM Soal Dampak Peleburan BRIN
Ilustrasi Komnas HAM/Medcom.id
Jakarta: Mantan pegawai pemerintah non-pegawai negeri (PPNPN) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengadu ke Komnas HAM terkait nasib kepegawaian pascapeleburan lembaga-lembaga penelitian ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Mereka meminta agar bisa dipekerjakan kembali di BPPT.

"Tuntutan kita tidak banyak. Di masa pandemi seperti ini, tentunya kita sangat keberatan adanya pemutusan kontrak. Kita tidak menuntut pesangon, kita hanya minta dipekerjakan kembali," kata perwakilan Paguyuban PPNPN BPPT Rudi Jaya di kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu, 5 Januari 2022.

 



Para eks pegawai BPPT itu diberhentikan per 31 Desember 2021. Menurut Rudy, para pegawai berstatus PPNPN kebanyakan sudah bekerja di atas lima tahun dan sebagian belasan tahun. Dia menyebut pegawai tak pernah disosialisasikan opsi kepegawaian terkait peleburan BPPT ke BRIN.

"Kalau kita disodorkan opsi untuk menjadi PNS tentu kita senang sekali. Makanya tuntutan kita tidak terlalu besar, kita hanya menuntut rasa belas kasihan kepada pimpinan kita, karena dalam masa seperti ini tanggung jawab kami sebagai tulang punggung keluarga berat sekali," ujar dia.

Baca: Peleburan Eijkman ke Dalam BRIN, AIPI: Riset Kita Mati Suri

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan pihaknya akan meminta keterangan BRIN dan kementerian/lembaga terkait nasib para pegawai tersebut. Komnas HAM juga meminta para pelapor melengkapi data-data tambahan.

"Paguyuban nanti akan mendata berapa banyak PPNPN yang terdampak karena integrasi ke BRIN ini, dan data-data lama kerja masing-masing orang. Komnas HAM meminta data itu, termasuk juga apakah ada sosialisasi seperti yang disampaikan oleh Kepala BRIN dalam beberapa wawancara (media)," ucap dia.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id