Presiden Sebut Keberhasilan MA Jadi Kunci Kemajuan Indonesia

    Dheri Agriesta - 27 Februari 2019 12:12 WIB
    Presiden Sebut Keberhasilan MA Jadi Kunci Kemajuan Indonesia
    Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro..
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memuji inovasi dan terobosan yang dilakukan Mahkamah Agung dalam sistem berperkara. Ia menyebut terobosan itu menjadi kunci kemajuan bangsa di berbagai sektor, khususnya ekonomi.
     
    Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara yang kaya potensi alam dan sumber daya. Namun, kekayaan ini belum optimal dimanfaatkan karena beberapa faktor. Salah satunya, permasalahan di bidang hukum.
     
    Pemerintah tak tinggal diam dalam menyikapi hal ini. Berbagai langkah pemberantasan korupsi, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan pemberantasan pungutan liar digiatkan untuk membangun iklim investasi yang positif demi perekonomian bangsa.
     
    "Namun apa yang dilakukan pemerintah tidak ada artinya jika tidak diimbangi dukungan lembaga peradilan," kata Presiden dalam sidang pleno istimewa laporan tahunan MA di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.

    Baca: Jokowi Apresiasi Penerapan Teknologi di MA

    Kepala Negara mengucapkan terima kasih atas capaian dan terobosan Mahkamah Agung. Dukungan dari lembaga peradilan membuahkan hasil untuk perekonomian Indonesia.
     
    "Seperti lompatan peringkat Indonesia dalam Ease of Doing Business dari peringkat 120 menjadi peringkat 73. Di situ ada peran penting dari reformasi di lembaga peradilan yang dipimpin oleh Mahkamah Agung," jelas Jokowi.
     
    Jokowi yakin MA bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan. Karena, selama ini masyarakat selalu menyebut hukum bisa diperjualbelikan.
     
    Selain itu, masyarakat juga malas berperkara karena dinilai rumit dan mahal. Penyelesaian perkara pun biasanya memakan waktu yang lama.
     
    "Tapi saya yakin dengan perbaikan, pembaharuan, reformasi, sistem peradilan yang ada di Indonesia secara konsisten oleh MA, semua anggapan negatif tersebut akan mulai berubah," kata Jokowi.



    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id