Ombudsman: Birokrasi Masih Korup

    Candra Yuri Nuralam - 12 Februari 2020 10:35 WIB
    Ombudsman: Birokrasi Masih Korup
    Ilustrasi: Medcom.id
    Depok: Ketua Ombudsman Amzulian Rifai menyebut birokrasi Indonesia masih berantakan. Sistem kerja pemerintah bahkan menjadi ladang mencari uang haram bagi pihak tak bertanggung jawab. 

    "Birokrasi yang korup dan tidak melayani itu memang masih terjadi," kata Rifai di Auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Februari 2020.

    Menurut dia, Ombudsman kerap dibanjiri laporan masyarakat mengenai permasalahan ini. Salah satu yang disoroti publik ialah lamanya pelayanan instansi pemerintah.

    "Masih ada orang tahan berkas misalnya. Mungkin hanya karena tidak ada uang pelicinnya," ujar lulusan Fakultas Hukum, Universitas Sriwijaya, itu.

    Kebiasaan korup menghancurkan potensi investasi masuk ke Indonesia. Hal ini terasa saat perang dagang antara Tiongkok dan Amerika di 2019.

    "Ada 30 perusahaan yang merelokasi perusahaannya, 20 pindah ke Jerman, 10 perusahaan pindah ke negara lain. Tapi, tidak satu pun yang pindah ke Indonesia," tutur dia.

    Masalah ini, kata dia, membuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah menurun. Rifai tak ingin masalah ini terjadi lagi.

    Ombudsman: Birokrasi Masih Korup
    Ketua Ombudsman Amzulian Rifai berpidato di Auditorium BPSDM Kemenkumham, Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

    Dia berharap Kemenkumham memperhatikan birokrasinya. Ombudsman siap memantau Kemenkumham agar tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugas.

    "Bagi saya Kemenkumham dapat trust dari publik. Saya katakan tidak ada kepentingan ORI (Ombudsman Republik Indonesia) juga. ORI hadir tentu saja bersama-sama kita perbaiki kekurangan yang ada dan tingkatkan apa yang baik hanya dengan cara itu negara kita bisa lebih baik," ungkap dia.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id