Jokowi Instruksikan Pemda Segera Realokasi Anggaran

    Nur Azizah - 24 Maret 2020 10:19 WIB
    Jokowi Instruksikan Pemda Segera Realokasi Anggaran
    Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas. Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh pemerintah daerah merealokasi anggaran untuk penanganan pandemi virus korona (covid-19). Selain untuk penanganan kesehatan, realokasi harus menghitung penanganan dampak virus korona pada sosial dan ekonomi masyarakat.

    "Realokasi untuk mempercepat penanganan covid-19 baik terkait isu-isu kesehatan maupun bantuan sosial untuk mengatasi ekonomi," kata Jokowi saat telekonferensi pengarahan kepada gubernur menghadapi pandemik covid-19 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Maret 2020.

    Intruksi Presiden Nomor 4 tahun 2020 tentang refocussing dan realokasi anggaran diterbitkan 20 Maret 2020. Inpres ini memerintahkan kementerian/lembaga (K/L) dan pemda mengutamakan penanganan covid-19 sesuai protokol kesehatan.

    Realokasi untuk memberikan bantuan sosial untuk pekerja informal. Misalnya buruh, petani, nelayan, dan pedagang kecil. Selan itu, Jokowi minta pemda bisa mempertahankan daya beli masyarakat.

    "Oleh sebab itu kegiatan yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota diarahkan ke program padat karya tunai untuk mempertahakan daya beli masyarakat," ungkap dia.

    Baca: Jokowi Perintahkan APBN dan APBD Direalokasi untuk Korona

    Jokowi menginstrusikan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah memangkas anggaran yang tak prioritas. Wabah virus korona (covid-19) disebutnya berdampak ke kondisi fiskal negara.
     
    "Kondisi fiskal kita saat ini tidak dalam kondisi yang enteng," kata Jokowi.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id