Pemerintah Akan Ungkap Persebaran Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 15 Maret 2020 11:56 WIB
    Pemerintah Akan Ungkap Persebaran Covid-19
    Pelaksana tugas (plt) Deputi II Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, (kedua dari kanan) dalam diskusi Cross Check Medcom.id bertajuk Jangan Ada Rahasia di Antara Korona. Medcom.id/Fachri Audhia
    Jakarta: Pemerintah bakal menyampaikan peta persebaran virus korona (covid-19). Langkah ini sekaligus berfungsi percepatan penanganan penyebaran, terutama wilayah mana saja yang terdampak.

    "Karena nanti ada keputusan tertentu yang (bisa) diambil oleh daerah," kata pelaksana tugas (plt) Deputi II Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, dalam diskusi Cross Check Medcom.id bertajuk 'Jangan Ada Rahasia di Antara Korona' di Upnormal Coffee and Roasters Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 15 Maret 2020.

    Pemerintah saat ini melakukan pendekatan berbasis komunitas untuk mengobati si sakit dan menjaga yang sehat. Pasalnya, di beberapa daerah dinilai tidak cukup dengan menerapkan contact tracing (penelusuran kontak).

    "Jadi penting karena tidak semua menjaga yang sakit tetapi menjaga kita semuanya," ujar Abet.

    Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Korona diyakini akan mempercepat virus berbahaya tersebut. Kendati demikian, Abet mengakui tidak semuanya kebijakan pemerintah dalam penanganan ini untuk dibeberkan semua ke publik.

    "Kita tahu tipologis setiap negara berbeda-beda kemudian sistemnya juga berbeda-beda," ujar Abet.

    Pasien positif covid-19 di Indonesia hingga Sabtu, 14 Maret 2020, tercatat mencapai 96 orang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi pasien kasus 76 dari 96 orang secara nasional.

    Budi Karya terjangkit virus korona saat menjalankan tugasnya. Budi disebut terjun langsung dalam menangani penyebaran covid-19 di objek vital seperti bandara dan pelabuhan.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id