Penyerapan Anggaran Covid-19 Kemensos Sudah 62 Persen

    Fachri Audhia Hafiez - 09 Juli 2020 20:07 WIB
    Penyerapan Anggaran Covid-19 Kemensos Sudah 62 Persen
    Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam program NewsMaker Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) telah menggunakan anggaran untuk penanganan virus korona (covid-19) lebih dari 50 persen. Total anggaran yang dibelanjakan senilai Rp65 triliun.

    "Per akhir Juni 2020 itu sekitar 62 persen dari Rp104 triliun," kata Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, Kamis, 9 Juli 2020.

    Penggunaan anggaran tersebut mayoritas disalurkan tunai. Nilai dana yang tersalur Rp50 triliun sebagai bentuk bantuan covid-19.

    Penyerapan anggaran tersebut semakin dipercepat. Hal ini seiring dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta kementerian bergerak cepat membelanjakan anggaran agar penanganan covid-19 tak berjalan lambat.

    "Alhamdulillah sampai hari ini penyerapan anggaran atau Kementerian Sosial masih paling tinggi ya di antara seluruh kementerian/lembaga," ujar Juliari.

    Ia mengaku kinerja di Kemensos dalam upaya penanganan covid-19, khususnya penyaluran bantuan sosial berupa sembako dan tunai, dapat terkoordinasi baik. Terlebih, jajaran direktur jenderal (Dirjen), sekretaris jenderal (Sekjen), hingga pejabat kementerian lain mendapat arahan langsung dari Kepala Negara.

    "Biar enggak saya saja yang ibaratnya kebakaran jenggot sendiri gitu ya. Biar mereka dengar langsung (arahan Presiden)," ucap Juliari.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id