Revisi UU Dianggap Tak Menumpulkan Taring KPK

    Kautsar Widya Prabowo - 29 November 2020 12:27 WIB
    Revisi UU Dianggap Tak Menumpulkan Taring KPK
    Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
    Jakarta: Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menyebut ketegasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mejerat koruptor dipengaruhi oleh komisioner. Revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2020 tentang KPK dianggap tidak berpengaruh.

    "Kalau para komisionernya para punggawa-punggawa di KPK punya integritas saya pikir itu (polemik revisi UU KPK) bisa diatasi oleh para komisioner di KPK," ujar Nasir dalam program Crosschek Medcom.id, bertajuk KPK OTT Menteri, Bukti Jokowi Perangi Korupsi melalui telekonferensi, Minggu, 29 November 2020. 

    Dia melihat, ada kekhawatiran masyarakat terkait pemberantasan korupsi. Sebab segala tindakan KPK harus melewati izin Dewan Pengawas (Dewas) KPK terlebih dahulu.

    Namun, Nasir menyebut kekhawatiran itu dibantah oleh operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. "Ternyata (perizinan Dewas) tidak (menghambat). Kita tidak meragukan para Dewas yang duduk di sana," kata Nasir.

    Baca: Dewas Hingga Satgas KPK, Terlibat OTT Edhy Prabowo

    Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menekankan kinerja pimpinan KPK tidak lagi diragukan. Ke depan KPK diharapkan dapat berpegang teguh pada integeritasnya. 

    "Kita berharap di sinilah KPK menunjukan integritasnya, bahwa mereka tidak terpengaruh sama sekali dengan perubahan-perubahan (UU) KPK itu," kata dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id