Pemerintah Diminta Lebih Mempromosikan UU Penyandang Disabilitas

    Siti Yona Hukmana - 19 November 2020 15:22 WIB
    Pemerintah Diminta Lebih Mempromosikan UU Penyandang Disabilitas
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta menonjolkan kembali keberadaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. UU tersebut belum banyak dikenal publik ketimbang aturan lain, seperti UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

    Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK), Fajri Nursyamsi, mengatakan UU Ciptaker selama ini banyak dibicarakan publik karena menuai polemik. Ada beberapa isu yang diangkat publik, seperti soal perempuan, disabilitas, ketenagakerjaan, hingga masyarakat adat.

    "Karena lagi banyak dibicarakan mungkin bisa jadi UU Ciptaker ini menjadi momentum baik untuk kita terus mempromosikan UU Penyandang Disabilitas," kata Fajri dalam diskusi daring, Kamis, 19 November 2020.

    Fajri menyadari secara politik, isu disabilitas belum memiliki penawaran kuat dari segi pemahaman dan keuntungan. Menurut dia, perlu ada lebih banyak tokoh disablitas yang masuk ke jajaran eksekutif maupun legislatif agar isu tersebut tidak tenggelam.

    Baca: Bawaslu: Hak Kelompok Rentan Harus Diatur dalam Revisi UU Pemilu

    Fajri menilai jumlah tokoh disabilitas yang masuk ke kementerian dan lembaga belum cukup untuk menyuarakan hak-hak penyandang disabilitas. Dia juga baru beraudiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk menyampaikan aspirasi terkait penyandang disabilitas yang berdampak pada pengesahan UU Ciptaker.

    "Jadinya kan terpaksa (semua) harus membaca UU Nomor 8 Tahun 2016. Setidaknya ke depan setelah momentum ini mereka sudah tahu tentang UU Penyandang Disabilitas yang tadinya mungkin terlupakan," tutur Fajri.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id