Blusukan Mensos Dinilai Salah Tempat

    Cindy - 10 Januari 2021 11:13 WIB
    Blusukan Mensos Dinilai Salah Tempat
    Mensos Tri Rismaharini. Foto: MI/M Irfan
    Jakarta: Anggota Fraksi Gerindra DPR, Habiburokhman, menilai blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) salah tempat. Pasalnya, Risma blusukan di sekitar kawasan elite, Sudirman-Thamrin.

    "Dari tahun 1970-an, (Sudirman-Thamrin) sudah kawasan elite, kawasan mewah, gedung pencakar langit," kata Habiburokhman dalam Croscheck Medcom.id berjudul 'Risma Blusukan, Siapa Blingsatan?', Minggu, 10 Januari 2021.

    Momen Risma bertemu gelandangan di kawasan Sudirman-Thamrin sempat dipertanyakan publik. Pertemuan itu disebut settingan.  

    Baca: Blusukan Tak Jadi Polemik Jika Kemensos Berkoodinasi dengan Pemprov DKI

    Habiburokhman tak ingin memusingkan pandangan publik terkait hal itu. Risma, kata dia, seharusnya belanja masalah sosial di pinggiran kota atau kawasan permukiman warga miskin.

    Dia mencontohkan wilayah Jakarta Timur yang menjadi daerah pemilihannya. Habiburokhman kerap bertemu dengan masyarakat yang kurang mampu.

    "Itu kontras sekali dengan di Sudirman-Thamrin, maksud saya Bu Risma akan lebih top lagi kalau masuknya ke kawasan-kawasan yang selama ini kurang terpotret," ujar politikus Partai Gerindra itu.

    Habiburokhman mengatakan 70 persen warga yang ditemuinya di Jakarta Timur kehilangan pekerjaan akibat pandemi covid-19. Warga hanya mengandalkan bantuan sosial dari pemerintah.

    "Jadi kalau Bu Risma mau memotret masalah lebih baik ke daerah-daerah itu agar tahu benar apa yang mesti dilakukan," ujar dia.  

    Risma bertemu tiga pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) saat menyusuri jalur pedestrian di sisi kanan Plaza UOB, Jakarta Pusat, pada Senin pagi, 4 Januari 2020. Dia menyebut salah satu PPKS, Fitri, mau ditampung di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi.

    “Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi Ibu jangan ke mana-mana. Nanti ada yang jemput,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Januari 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id