DPR Segera Panggil Pemerintah Bahas Manajemen Banjir

    Theofilus Ifan Sucipto - 04 Januari 2020 13:24 WIB
    DPR Segera Panggil Pemerintah Bahas Manajemen Banjir
    Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi (kedua kanan). Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: DPR berencana memanggil pemerintah pusat dan daerah untuk duduk bersama membahas manajemen banjir. Sinergi pusat dan daerah dinilai krusial dalam mencegah dan menangani bencana.

    "Kita maksimalkan di ruang rapat soal kebencanaan, siapa punya wewenang apa," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi di Sasana Krida Karang Taruna, Bidara Cina, Jakarta Timur, Sabtu, 4 Januari 2020.

    Selain pemerintah pusat, Arwani membeberkan tiga pemerintah daerah yang bakal dipanggil. Mereka adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

    Dia menyayangkan bencana banjir di awal 2020 menyisakan perdebatan di tengah masyarakat. Pertemuan legislator, pemerintah pusat, dan daerah diharapkan mencegah hal serupa terulang.

    DPR, kata Arwani, berniat membuat pemerintah satu suara ihwal rencana dan eksekusi pencegahan serta penanganan bencana. Selain itu mereka juga bakal membahas sistem evaluasinya.

    "Intinya kita ingin fungsi pembinaan dan pengawasan dimaksimalkan," tutur Arwani.

    Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu turut mengimbau agar masyarakat tak saling berdebat dan menyalahkan. Menurut Arwani, ada yang lebih penting yaitu persiapan menyambut musim hujan yang diprediksi berlangsung hingga Februari mendatang. 

    "Masih ada hal lain yang perlu disiapkan karena (potensi hujan) masih panjang dan mencari persiapan apa yang tepat," tukasnya.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id