Lobi Politik Capim KPK Dianggap Wajar

    Whisnu Mardiansyah - 09 September 2019 14:28 WIB
    Lobi Politik Capim KPK Dianggap Wajar
    Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Desmond J. Mahesa. Foto: Dok. Medcom.id
    Jakarta: Anggota Komisi III DPR Desmond J. Mahesa menyebut lobi politik calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jelang uji kepatutan dan kelayakan hal yang wajar. Lobi-lobi biasa dilakukan agar para calon pimpinan KPK diloloskan anggota dewan.

    "Pokoknya sejak KPK berdiri, lobi komisioner itu biasa ya," kata Desmond di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.

    Politikus Partai Gerindra itu mengatakan lobi politik biasanya hadir dalam beragam bentuk. Misalnya, sekadar silaturahmi dan meminta agar dipilih, hingga ada deal-deal politik bila terpilih. "Lobi-lobi dalam rangka silaturahmi enggak masalah. Lobi yang ada deal-nya, ada masalah," kata Desmond.

    Desmond mengaku sempat dilobi salah satu pimpinan KPK saat ini, Saut Situmorang, ketika proses uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Ia mengeklaim lobi-lobi itu tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

    "Saut (pimpinan KPK Saut Situmorang) lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak deal apa-apa, dan dia juga enggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum," klaim Desmond.

    Hari Komisi III DPR RI menggelar rapat bersama panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rapat berlangsung sejak pukul 10.30 WIB.

    Dalam rapat tersebut, Komisi III mendengarkan proses seleksi capim KPK yang dilaksanakan oleh panitia seleksi (pansel). Rapat kerja dengan pansel juga merupakan tahap awal uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 Capim KPK yang lolos seleksi.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id