comscore

Pertamina Dianggap Tidak Serius Tangani Kilang Minyak

Anggi Tondi Martaon - 14 November 2021 16:02 WIB
Pertamina Dianggap Tidak Serius Tangani Kilang Minyak
Kobaran api dari kebakaran Tangki 36 T-102, Kilang Cilacap, Minggu (14/11/2021) pagi, terlihat jelas dari ruas jalan baru yang menghubungkan Jalan MT Haryono dengan Jalan Juanda, Cilacap. ANTARA/Sumarwoto
Jakarta: PT Pertamina (Persero) dinilai tak serius menangani kilang minyak. Pertamina terkesan menganggap kebakaran hebat di kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah, hal sepele.

"Terkesan Pertamina menganggap ringan kasus kebakaran kilang ini," kata anggota Komisi VII DPR Mulyanto melalui keterangan tertulis, Minggu, 14 November 2021.
Apalagi, kata dia, Pertamina sebelumnya sudah memaparkan tindak lanjut kebakaran kilang minyak. Namun, hal serupa justru kembali terjadi.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memaparkan berdasarkan hasil analisis sejumlah pihak penyebab utama kebocoran dan kebakaran pada kilang Cilacap Juni 2021 adalah korosi dan petir traveling. Seharusnya langkah-langkah pencegahan korosi dan petir segera diterapkan. 

Baca: Pertamina Pastikan Kebakaran Tangki Kilang Cilacap Telah Padam

Pertamina bahkan saat itu berjanji melaksanakan pencegahan melampaui standar yang ada. Namun, hal itu dinilai tidak dijalankan dengan baik sehingga tidak mampu mencegah kasus kebakaran kilang.

"Dengan kasus kebakaran kilang BBM yang hampir 3 bulan sekali ini, kita menjadi khawatir dengan kondisi kilang Pertamina yang jumlahnya bisa lebih dari seribu di seluruh Indonesia," kata dia.

Dia mendesak agar dilakukan audit secara menyeluruh terhadap kilang yang ada. Audit itu diperlukan untuk memetakan kondisi masing-masing kilang.

"Sehingga, diketahui mana yang masih hijau, kuning, dan merah serta langkah mitigasinya. Serta terpantau secara real time," ujar dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id