Penarikan BPIH Tak Menghilangkan Status Calon Jemaah Haji

    Anggi Tondi Martaon - 04 Juni 2021 15:46 WIB
    Penarikan BPIH Tak Menghilangkan Status Calon Jemaah Haji
    Ilustrasi jemaah haji. MI/Dwi Apriani



    Jakarta: Jemaah diperkenankan menarik iuran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2021. Penarikan itu tidak menghilangkan status calon jemaah haji (calhaj) yang akan pergi pada 1443 Hijriah/2022 Masehi.

    “Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi,” kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Kemenag Ramadan Harisman, dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Mei 2021.

     



    Dia menjelaskan kebijakan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/2021 M. Calon jemaah haji batal berangkat dapat menarik kembali setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang telah dibayarkan.

    “Calon jemaah haji batal berangkat tahun ini dan sudah melunasi Bipih, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan,” ungkap dia.

    Dia menyebut ada tujuh tahapan penarikan iuran BPIH 2021. Yakni, pengajuan ke Kanwil Kemenag tingkat kabupaten atau kota, verifikasi dan validasi data, pengajuan disampaikan ke Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri.

    Baca: Proses Pengembalian BPIH Berlangsung 9 Hari

    Selanjutnya, konfirmasi yang dilakukan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, menyampaikan pengajuan permohonan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), pemberitahuan pengiriman iuran BPIH ke bank penerima setoran (BPS). "Jemaah menerima pengembalian setoran pelunasan melalui nomor rekening yang telah diajukan pada tahap pertama," ungkap dia.

    Setidaknya dibutuhkan beberapa waktu melewati seluruh tahapan pengajuan penarikan iuran BPIH. Proses tersebut diupayakan berlangsung singkat.

    “Seluruh tahapan (pengembalian BPIH) ini diperkirakan berlangsung selama sembilan hari," ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id