TKA Dilarang Masuk Indonesia

    Anggi Tondi Martaon - 21 Juli 2021 17:03 WIB
    TKA Dilarang Masuk Indonesia
    Ilustrasi pekerja Tiongkok. Medcom.id



    Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) HAM Yasonna Laoly resmi memperluas pembatasan orang asing masuk ke wilayah Indonesia. Tenaga kerja asing (TKA) tak bisa lagi masuk ke Tanah Air.

    "TKA yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia," kata Yasonna melalui keterangan tertulis, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menkumham (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat. Hanya pendatang yang memegang visa khusus boleh masuk ke Indonesia.

    (Baca: Kedubes Tiongkok Menjawab Kedatangan Pekerjanya ke Indonesia saat PPKM)

    Mereka adalah pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap. Lalu, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

    Orang asing yang mendapat pengecualian tersebut juga tak bisa sembarangan masuk Indonesia. Mereka harus memiliki rekomendasi kementerian/lembaga terkait untuk bisa masuk ke Indonesia.

    Seperti diplomat yang ingin masuk ke Indonesia. Mereka harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri.

    "Adapun orang asing yang masuk dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 juga harus lebih dulu mendapatkan rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan covid-19," ujar Yasonna.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id