comscore

Jokowi: Bukan Eranya ASN Minta Dilayani Seperti Zaman Kolonial

Fachri Audhia Hafiez - 27 Juli 2021 10:45 WIB
Jokowi: Bukan Eranya ASN Minta Dilayani Seperti Zaman Kolonial
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara peluncuran 'Core Values ASN Berakhlak dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa,' Selasa, 27 Juli 2021. Foto: BPMI
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan aparatur sipil negara (ASN) harus berorientasi melayani masyarakat. ASN tidak boleh malah menyusahkan warga.

"ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi," tegas Jokowi dalam peluncuran 'Core Values ASN Berakhlak dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa,' Selasa, 27 Juli 2021.
Menurut dia, setiap ASN harus mempunyai jiwa melayani untuk membantu masyarakat. Pasalnya, ASN sudah dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya dari negara.

Sumber daya itu, kata dia, harus digunakan dengan akuntabel. Loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis juga mesti dipahami ASN.

Baca: Luhut Puji Jokowi Pemimpin Berprinsip

Kepala Negara menuturkan tantangan ASN semakin kompleks di tengah perkembangan zaman. ASN harus mampu beradaptasi dengan perubahan.

"Sebab banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh satu kementerian atau lembaga, maupun oleh satu keahlian dan satu disiplin ilmu," ujar Jokowi.

Kolaborasi lintas organisasi hingga profesi menjadi penting. Setiap pihak mesti mengesampingkan ego untuk mencapai tujuan bangsa.

"Saat ini, dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu," tegas Jokowi.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id