comscore

Menkominfo: PTM Terbatas untuk Menyelamatkan Anak Indonesia

Theofilus Ifan Sucipto - 19 September 2021 16:04 WIB
Menkominfo: PTM Terbatas untuk Menyelamatkan Anak Indonesia
Menkominfo Johnny G Plate meluncurkan pelatihan UMKM, Senin, 5 Oktober 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta seluruh pihak mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. PTM dinilai mendesak untuk mencegah penurunan capaian pembelajaran.

“PTM terbatas merupakan upaya menyelamatkan anak-anak Indonesia dari risiko dampak negatif pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara berkepanjangan,” kata Johnny dalam keterangan tertulis, Minggu, 19 September 2021.
Menurut dia, penuntasan vaksinasi covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) bisa mempercepat pelaksanaan PTM terbatas. Metode pembelajaran ini dipercaya membuat siswa tidak kesulitan mengejar ketertinggalan materi pelajaran.

Baca: Pemda Diminta Percepat Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidik

Di sisi lain, PJJ berkepanjangan bisa berdampak besar dan permanen terhadap pelajar. Murid terancam putus sekolah hingga memengaruhi mental dan psikis anak.

“Jika dibiarkan secara jangka panjang, semua ini bisa menjadi risiko yang lebih besar dibandingkan risiko kesehatan," papar politikus Partai NasDem itu.

Johnny mengutip riset Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) dan Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Riset itu menyebutkan pendidikan di Indonesia sudah kehilangan lima hingga enam bulan pembelajaran per tahun.

Dia turut menyitat riset Bank Dunia yang menyatakan tingkat putus sekolah di Indonesia naik 1,12 persen. Bank Dunia memperkirakan saat ini ada 118.000 anak usia sekolah dasar (SD) tidak bersekolah. 

"Angka tersebut lima kali lipat lebih banyak daripada jumlah anak putus SD tahun 2019,” tutur Johnny.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id