Metro Siang

    Mendagri Keberatan, KPU Bakal Cermati Kembali Tanggal Pemilu 2024

    MetroTV - 17 September 2021 18:32 WIB
    Mendagri Keberatan, KPU Bakal Cermati Kembali Tanggal Pemilu 2024
    Foto: Dok/Screenshot Metro TV



    Jakarta:  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, keberatan dengan usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal pemungutan suara pada 21 Februari 2024. Usulan ini dinilai mengkhawatirkan akan terjadinya gangguan stabilitas politik.

    Anggota KPU Republik Indonesia (RI) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menjelaskan, usulan ini telah melewati pembahasan oleh tim konsinyering bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan pemerintah.

     



    "Namun, kami melakukan upaya untuk mencermati kembali semaksimal mungkin karena memang penentuan hari H itu banyak pertimbangannya," kata Dewa dalam tayangan Metro Siang di Metro TV pada Jumat, 17 September 2021.

    Dewa menjelaskan, berbagai pertimbangan tengah didiskusikan kembali. Melalui kajian dan simulasi, kompleksitas penyelenggaraan Pemilu Nasional 2024 dan Pilkada Serentak Nasional dinilai cukup tinggi.

    "Ini adalah penyelenggaraan di tahun yang sama. Dimana menurut perundang-undangan, Pilkada sudah ditentukan bulan November 2024," jelas Dewa.

    Dewa menegaskan, kesimpulan melalui rapat sebelumnya tetap menjadi acuan sementara dari KPU.Ketentuan hari pemungutan dan perhitungan suara ini diharapkan dalam segera diputuskan pada masa persidangan pertama 2021/2022.

    "Apakah tidak berbenturan dengan hari raya keagamaan dan melihat kesinambungan tahapan serta aspek lainnya. Harapan KPU dan kita semua, ini bisa segera ditentukan," terangnya. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id