comscore

Wapres Ingin Meritokrasi di Instansi Pemerintah Diperkuat

Emir Chairullah, Kautsar Widya Prabowo - 07 Desember 2021 12:51 WIB
Wapres Ingin Meritokrasi di Instansi Pemerintah Diperkuat
ASN. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengakui masih banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah belum optimal menerapkan sistem merit. Menteri hingga kepala daerah diminta membuat terobosan meningkatkan meritokrasi sebagai salah satu agenda utama reformasi birokrasi. 

“Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Ma’ruf Amin dalam Anugerah Meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) 2021, Selasa, 7 Desember 2021.

 



Menurut dia, seharusnya meritokrasi  diterapkan konsisten dalam segala aspek kerja ASN. Penerapan sistem merit amat penting untuk memastikan tercapainya tiga fungsi ASN, yaitu sebagai pelaksana kebijakan, pelayan publik, dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Baca: 44 Mantan Pegawai KPK Jalani Uji Kompetensi ASN Polri

“Mulai dari proses rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan,” jelas Ma’ruf Amin.

Ma’ruf menyebutkan untuk optimalisasi penerapan sistem merit dalam manajemen ASN, langkah-langkah strategis dibutuhkan. Implementasi manajemen talenta sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan harus diperkuat.

Selain itu, setiap instansi perlu meningkatkan kelincahan, khususnya pada kemampuan adaptasi. SDM dan organisasi pemerintah harus mampu menghadapi tantangan dan dinamika perubahan di tingkat nasional maupun global. 

“Kemudian intensifkan peran aktif kepemimpinan kepala daerah dalam mendukung meritokrasi daerah. Begitu pula kolaborasi intensif antara pemerintah daerah dan Kementerian PANRB, KASN, BKN, dan LAN juga harus terus ditingkatkan,” papar Ma’ruf Amin.

Wapres juga memerintahkan 4,1 juta ASN di seluruh Indonesia mengedepankan profesionalitas. Mereka didorong ikut mewujudkan ASN berkelas dunia. 

“Tetap semangat untuk berkinerja dan berkarya bagi bangsa dan negara. Di masa pandemi covid-19 yang belum reda, jadilah pelopor dalam kepatuhan dan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” jelas dia.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id