Jokowi: BOR RS Nasional Kini 29%, Wisma Atlet 12%

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Agustus 2021 11:07 WIB
    Jokowi: BOR RS Nasional Kini 29%, Wisma Atlet 12%
    Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rasio tempat tidur terpakai atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit (RS) secara nasional di masa pandemi covid-19 terus menurun. Kini sudah di bawah 30 persen.

    "Alhamdulillah kita pada hari ini BOR nasional sudah turun menjadi 29 persen. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi dalam acara 'Sarahsehan 100 Ekonom Indonesia' secara virtual, Kamis, 26 Agustus 2021.

     



    Jokowi mengatakan BOR sempat berada di angka 68 persen pada akhir Desember 2020. Lalu, melandai pada pertengahan Mei 2021 di angka 29 persen.

    Namun, kondisi itu tak berlangsung lama. Pada pertengahan Juli 2021, Indonesia dihadapkan dengan meroketnya kasus covid-19 nasional.

    "(BOR) melompat karena varian Delta di 18 Juli 2021 hampir 80 persen dan beberapa rumah sakit sudah mencapai 100 persen," ucap Jokowi.

    Kepala Negara mengaku mempelajari kondisi BOR dari perkembangan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Jokowi menyebut BOR Wisma Atlet pernah mencapai 92 persen pada September 2020.

    Berikutnya, melandai pada pertengahan Mei 2021 dan berada di angka 15 persen. Tapi melompat di akhir Juni 2021 dengan persentase BOR mencapai 91 persen.

    Jokowi sudah mewanti-wanti bila kondisi itu tak kunjung mereda selama dua pekan, Wisma Atlet akan kolaps. Pemerintah lalu mengeluarkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

    "Alhamdulillah tadi pagi saya cek sudah berada di angka 12 persen BOR-nya," ucap Jokowi.

    (Baca: BOR di RS DKI Terus Menurun Mencapai 20%)

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id