comscore

Kader Muda NasDem Wakili Indonesia di Ajang Diplomat Sedunia

Kautsar Widya Prabowo - 21 Mei 2022 17:15 WIB
Kader Muda NasDem Wakili Indonesia di Ajang Diplomat Sedunia
Pantauan udara bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Petobo, Palu. (MI/Ramdani)
Jakarta: Kader Muda Partai NasDem Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Ista Nur Masyithah menjadi peserta ?Arab Youth International Model United Nations (MUN) di Dubai, Uni Emirat Arab. Konferensi diplomat muda sedunia itu digelar akhir Mei 2022.

Ista merupakan penyintas Bencana Likuifaksi Petobo pada 2018. Makalah yang ia kirim untuk mengikuti even bergengsi itu mengangkat topik penanganan bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi, Donggala (Pasigala).
"Kita diminta menulis makalah semacam paper itu saya laksanakan apa yang kita lakukan. Di Kota Palu dan Sulteng itu NasDem identik sekali dengan respon cepat terhadap bencana. Semua langkah itu lah yang saya tuangkan ke dalam paper," ujar Ista melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Mei 2022.

Ista menjelaskan makalah yang ia buat memuat banyak pelajaran penting dari fenomena alam yang menimpa Pasigala khususnya Petobo. Ista menyebut dunia ikut terguncang karena besarnya bencana tersebut.

Baca: Bupati Sigi Sebut Teknologi Bisa Kurangi Risiko Bencana

"Peristiwa likuifaksi Petobo sudah cukup sebagai pengingat bagi kita yang hidup di Ring of Fire dan khususnya kami yang hidup di atas Sesar kedua teraktif sedunia untuk mampu beradaptasi dengan kondisi alam," kata dia.

Sementara itu, anggota Fraksi NasDem DPRD Provinsi Sulteng, Yahdi Basma, bangga melihat Ista mewakili Indonesia di ajang konferensi diplomat tingkat dunia tersebut. Yahdi menjadi saksi kegigihan Ista turun langsung ke lapangan membantu masyarakat terdampak bencana Palu.

"Saya membaca surat United Nation General Assembly yang dikirimkan ke email Ista, bahwa dari 5.000 peserta yang mengirimkan makalah dalam bahasa Inggris dengan topik berbeda-beda dari 5.000 anak muda di seluruh dunia, dan Ista Nur Masyithah dinyatakan salah satu yang lolos seleksi," ungkap Yahdi.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id