comscore

Sensitivitas DPR Terhadap Produk Legislasi Yang Dibutuhkan Masyarakat Dinilai Rendah

Anggi Tondi Martaon - 12 Januari 2022 23:04 WIB
Sensitivitas DPR Terhadap Produk Legislasi Yang Dibutuhkan Masyarakat Dinilai Rendah
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Jakarta: Sensitivitas DPR terhadap pembahasan legislasi dinilai rendah. Pasalnya, banyak produk rancangan undang-undang (RUU) yang dibutuhkan masyarakat justru belum kunjung disahkan.

"Kita melihat bahwa orkestrasi legislasi politik nasional pada 2021 saya akui sebagai anggota DPR sangat kurang," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) dalam diskusi virtual Denpasar 12 bertemakan Menuntaskan Agenda Politik 2022, Rabu, 12 Januari 2022.
Hal itu terlihat dari undang-undang yang disahkan DPR pada 2021. Rerie menuturkan dari delapan undang-undang baru yang disahkan pada 2021, tidak ada satu pun yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Salah satunya RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS). Pengesahan RUU TPKS dinilai sangat mendesak karena marak kekerasan seksual di Indonesia.

"RUU yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak yang termasuk di dalamnya adalah kedaulatan bukan kita sebagai negara tapi sebagai manusia sebagaimana yang ada di RUU TPKS belum terselesaikan," ungkap Rerie.

Selain itu, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) dan Masyarakat Hukum Adat mengalami nasib sama. Bahkan, dua bakal beleid tersebut tidak menentu nasibnya karena belum ditindaklanjuti pimpinan DPR hingga saat ini.

Nasib berbeda justru dialami RUU TPKS. Ketua DPR Puan Maharani telah menyampaikan komitmennya segera mengesahkan RUU TPKS.

"Sudah belasan tahun ditunggu masyarakat belum diumumkan tapi disampaikan bahwa rapat paripurna ke depan disampaikan menjadi inisiatif DPR," ujar Rerie.

Baca: DPR Diminta Lepas Ego Sektoral Demi Percepat Pembahasan RUU TPKS
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id