comscore

Wapres Sebut Budi Daya Hortikultura Mampu Menyejahterakan Masyarakat Desa

Kautsar Widya Prabowo - 31 Maret 2022 09:09 WIB
Wapres Sebut Budi Daya Hortikultura Mampu Menyejahterakan Masyarakat Desa
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan budi daya pertanian hortikultura memiliki prospek pengembangan yang baik. Namun, diperlukan upaya mendorong kesejahteraan petani agar lebih berdaya dalam menangkap peluang pasar yang lebih besar.

"Kita ingin mengembangkan para petani, mendorong masyarakat untuk tinggal tetap di desa karena ada daya tarik dalam pengembangan pertanian," ujar Ma’ruf usai menghadiri acara panen pisang cavendish dalam rangka program pengembangan hortikultura berorientasi ekspor di Ponorogo, Jawa Timur, Rabu, 30 Maret 2022.
Ma'ruf optimistis pangsa pasar hortikultura dapat berkembang dengan baik. Terutama melalui kerja sama pihak-pihak terkait dalam menyejahterakan petani.

“Saya kira kita ingin hortikultura memiliki pasar bagus, itu kita terus kembangkan, seperti pisang cavendish ini. Tentu petani bisa hidup sejahtera melalui kemitraan-kemitraan yang telah dibangun antara pemerintah dan lembaga terkait,” terang Wapres.

Baca: Wapres: Komoditas Pisang Cavendish Bisa Cegah Urbanisasi

Wapres menekankan upaya mendorong pengembangan budi daya hortikultura dalam pemberdayaan masyarakat desa. Sekaligus upaya mengentaskan kemiskinan.

Selain itu, Ma'ruf menyempatkan berdialog singkat dengan perwakilan petani. Salah satunya, petani asal Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Nyoman.

Nyoman mengatakan sektor pertanian dapat terus berjalan normal di tengah pandemi covid-19. Sehingga perekonomian petani tidak terdampak.

“Di dalam situasi covid seperti ini, kami selaku petani tetap bersyukur karena perekonomian bisa jalan Pak. Kegiatan jalan terus,” kata Nyoman.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id