Jokowi Belum Putuskan Penambahan 6 Wamen

    Damar Iradat - 10 November 2019 11:48 WIB
    Jokowi Belum Putuskan Penambahan 6 Wamen
    Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sebelum pelantikan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
    Jakarta: Kabinet Indonesia Maju dikabarkan bakal semakin gemuk. Setidaknya akan ada enam wakil menteri (wamen) baru dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

    Kendati begitu, Presiden Jokowi mengaku belum memutuskan wacana tersebut. "Belum (diputuskan)," singkat Jokowi ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu, 10 November 2019.

    Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Jokowi akan menambah enam wakil menteri. Saat ini, jumlah wakil menteri sebanyak 12 orang.

    Presiden juga telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Perpres Kementerian Riset dan Teknologi. Dalam dua perpres tersebut, menteri akan dibantu oleh wakil menteri sesuai penunjukan presiden.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi mengangkat 12 wakil menteri. Jumlah wamen dalam Kabinet Indonesia Maju ini lebih banyak ketimbang Kabinet Kerja periode lima tahun lalu yang hanya memiliki empat wakil menteri.

    Selain itu, Jokowi juga bakal menghidupkan kembali posisi wakil panglima TNI. Posisi ini sesuai Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Organisasi TNI. 

    Di sisi lain, Jokowi juga dikabarkan akan menunjuk wakil kepala staf kepresidenan. Wakil kepala staf kepresidenan ini nantinya akan membantu Moeldoko sebagai delivery unit.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id