Surya Paloh Bawa NasDem ke Panggung Lebih Besar

    Media Indonesia - 12 November 2019 07:00 WIB
    <i> Surya Paloh Bawa NasDem ke Panggung Lebih Besar </i>
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Pengamat politk Yunarto Wijaya mengungkapkan bahwa momen pelukan antara Presiden Joko Widodo dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh bukanlah pertanda bahwa hubungan keduanya membaik. Menurut dia, selama ini memang tidak ada kerenggangan di antara mereka. 

    Yunarto menyebut, isu yang beredar hanya sebatas untuk menaikkan Partai NasDem ke panggung yang lebih besar. Ia pun menyebut, apa yang dilakukan Surya Paloh sudah direncanakan secara matang.

    "Secara marketing politik memang untuk mengambil panggung besar. Menempatkan NasDem pada panggung yang lebih besar," terang Yunarto di Jakarta, Senin, 11 November 2019. 

    Menurut Yunarto, sikap Surya Paloh ternyata berhasil membungkus tujuan tersebut hingga mencapai tujuannya. Surya juga mampu memainkan peran berbeda yang membuat NasDem terlihat lebih baik.

    "Bahkan partai sekelas Golkar pun tenggelam dalam pertarungan isu menuju Munas dan sikap-sikap berbeda yang dimainkan Surya Paloh dengan NasDem," ujarnya.

    Pelukan Jokowi dan Surya, menurut dia, adalah pembuktian bahwa tidak ada yang renggang antara Presiden Jokowi dan Partai NasDem.

    "Hari ini terbukti bahwa ternyata tidak ada kutub yang berbeda. Tidak ada posisi yang berbeda antara Surya Paloh dengan sikapnya yang agak nyentrik," pungkasnya.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memeluk erat Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Momen itu muncul setelah Surya Paloh menyampaikan keinginan memeluk erat Jokowi yang sempat menyidir momen serupa antara dirinya dan Presiden PKS Sohibul Iman.

    Jokowi yang baru saja memberi sambutan langsung memeluk Surya Paloh. Momen hangat itu disaksikan langsung Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla. Sesekali, Surya Paloh menepuk bahu Jokowi. (Abdillah Muhammad Marzuqi)





    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id