Survei: Masyarakat Mengapresiasi Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

    Candra Yuri Nuralam - 09 Agustus 2019 17:43 WIB
    Survei: Masyarakat Mengapresiasi Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo
    Managing Directory Cyrus Network Eko Dafid Afianto memaparkan hasil surveinya di Hotel Ashley, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
    Jakarta: Lembaga survei Cyrus Network menyebut sebagian besar masyarakat mengapresiasi pertemuan Presiden tepilih Joko Widodo dengan eks calon presiden Prabowo Subianto. Dua tokoh bangsa itu bertemu di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta, pasca bertarung di Pilpres 2019.

    "Sekitar 63 persen (responden) mengapresiasi pertemuan yang dilakukan Jokowi dan Prabowo," kata Managing Directory Cyrus Network Eko Dafid Afianto di Hotel Ashley, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Agustus 2019.

    Eko mengatakan masyarakat menganggap pertemuan itu sebagai bentuk perdamaian. Masyarakat tidak berpikir adanya lobi-lobi kursi menteri.

    "Sebanyak 63 persen publik juga menganggap itu merupakan langkah untuk rekonsiliasi bangsa dan bukan untuk sekadar bagi-bagi kekuasaan dan jabatan," ujar Eko.

    Di sisi lain, Cyrus menyebut sebagian besar masyarakat juga menginginkan partai politik eks koalisi Prabowo-Sandiaga Uno bergabung dengan pemerintah. Sebab, masyarakat sudah lelah dengan pembelahan sosial yang timbul akibat kompetisi politik.

    "Hanya 21 sampai 27 persen publik yang menyarankan partai tersebut tetap sebagai oposisi," ujar Eko.

    Cyrus Network melaksanakan survei pada 22-28 Juli 2019, dengan sampel 1.230 sampel responden di 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error 3 persen.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id