Pansus Dirasa Perlu Jika Panja Jiwasraya Tak Maksimal

    Theofilus Ifan Sucipto - 25 Januari 2020 17:40 WIB
    Pansus Dirasa Perlu Jika Panja Jiwasraya Tak Maksimal
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Susanto
    Makassar: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mendukung pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengusut kasus Jiwasraya. Pansus dirasa perlu dibuat jika panitia kerja (panja) tak bekerja efektif.

    "Kalau hasilnya tidak seperti yang diharapkan, saya pikir tingkatkan dari panja ke pansus," kata Surya di Maccora Ballroom, Makassar, Sabtu 25 Januari 2020.

    Surya meminta pengusutan kasus yang merugikan negara Rp 13,7 triliun itu terus dipantau. Dia berharap penegak hukum bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

    Surya menilai positif kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam mengusut kasus dugaan korupsi PT Jiwasraya. Ada langkah maju yang dilakukan Korps Adhyaksa dalam mengusut kasus gagal bayar perusahaan asuransi pelat merah itu. 

    "Kejaksaan agung telah menetapkan tersangka berarti kasus itu tidak jalan di tempat," tutur Surya.

    Kejagung menetapkan lima orang tersangka kasus dugaan korupsi PT Jiwasraya. Mereka yakni mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim; dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya, Syahmirwan.

    Kemudian, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya; Hary Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat; dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.

    Kelima tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto  Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

    DPR juga bersikap terkait kasus Jiwasraya dengan membentuk panja. Komisi VI dan Komisi XI DPR sudah sepakat membentuk panja untuk turun tangan di kasus Jiwasraya.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id