Pansus Bakal Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru

    Arga sumantri - 19 September 2019 17:10 WIB
    Pansus Bakal Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru
    Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Zainuddin Amali. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Panitia khusus (pansus) pemindahan ibu kota bakal meninjau wilayah yang akan menjadi calon ibu kota baru. Pansus bentukan DPR itu akan mengkaji wacana pemindahan ibu kota. 

    "Kami akan ke lokasi, ke Kalimantan Timur. Kita akan rapat dengan pimpinan daerah," kata Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 19 September 2019. 

    Pansus akan menggelar rapat dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Mereka juga akan memanggil pimpinan pemerintah daerah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. 

    Sebelum meninjau lokasi, kata dia, pansus bakal menggelar rapat maraton dengan sejumlah pihak. Pekan ini, pansus berkoordinasi dengan badan keahlian DPR. 

    "Ternyata sebelum ada pansus ini, pimpinan DPR sudah menugaskan badan keahlian untuk membuat kajian, tapi resminya harus dihasilkan oleh pansus yang menjadi dasar rekomendasi DPR menjawab surat presiden," jelasnya. 

    Rapat akan digelar dengan lintas kementerian dan lembaga yang terkait pemindahan ibu kota. Pansus juga akan memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

    "Kaitan dengan geostrategis. Karena itu teman-teman pansus minta juga gambaran seperti apa nanti," ujarnya. 

    Presiden Joko Widodo telah mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.

    Selain itu, wilayah ini dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.




    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id