Indonesia Dinilai Partner Strategis AS Berkaitan Demokratisasi Islam

    Fachri Audhia Hafiez - 08 November 2020 14:02 WIB
    Indonesia Dinilai Partner Strategis AS Berkaitan Demokratisasi Islam
    Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
    Jakarta: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Amerika Serikat (AS) akan melirik Indonesia dalam menciptakan komunikasi politik dengan umat Islam. Hal ini jika melihat langkah politik Presiden terpilih ke-46 AS Joe Biden.

    "Tentu Amerika punya kepentingan dengan Indonesia ini (sebagai) partner strategis, terutama dengan isu-isu demokratisasi dengan Islam," kata Adi kepada Medcom.id, Minggu, 8 November 2020.

    Menurut Adi, Indonesia dikenal sebagai laboratorium politik yang mampu menyatukan keberagaman. Umat Islam sebagai mayoritas, tetapi proses demokrasinya tumbuh dan berkembang baik.

    "Banyak negara-negara yang multietnis, multiagama itu hancur berantakan, luluh lantak. Karena tidak bisa mengelola keberagaman ini," ujar Adi.

    Baca: Joe Biden Dinilai Lebih Ramah kepada Islam dan Indonesia

    AS diyakini membutuhkan hal itu untuk menjaga keharmonisan dengan umat muslim. Biden juga dianggap punya keberpihakan dengan umat Islam, lantaran dalam pidato kampanyenya beberapa mengutip hadis Nabi Muhammad SAW.

    Adi mengatakan Indonesia dengan mayoritas umat muslim, bisa membawa isu keberagaman tersebut untuk menjadi bagian penting membangun hubungan diplomatik dengan AS. Pluralisme itu sebagai pondasi kuat dalam membangun politik yang kokoh.

    "Demokrasi dengan Islam di Indonesia itu bisa seiring, sejalan membangun peradaban. Saya kira di situ kepentingan Amerika dengan Indonesia. Tentu di bidang lain seperti bidang hukum, politik, ekonomi, dan lain-lain," ujar dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id