Jokowi Serukan ASEAN Sebagai Lokomotif Stabilitas dan Kesejahteraan Kawasan

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Oktober 2021 20:46 WIB
    Jokowi Serukan ASEAN Sebagai Lokomotif Stabilitas dan Kesejahteraan Kawasan
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan agar ASEAN menjadi lokomotif stabilitas dan kesejahteraan kawasan. Sumber daya yang dimiliki ASEAN mesti dimaksimalkan.

    "Kita harus bekerja keras untuk memperkuat kesatuan dan sentralitas ASEAN. Kita harus segera memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN," ujar Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38 yang digelar secara virtual, Selasa, 26 Oktober 2021.

     



    Jokowi ingin Gugus Tugas Tingkat Tinggi yang bertugas mengembangkan Visi ASEAN pasca-2025, membahas rekomendasi penguatan ASEAN. Indonesia berharap rekomendasi diterima pada akhir 2022, sehingga bisa mengambil keputusan untuk penerapannya pada 2023.

    Baca: Jokowi Gaungkan Kesetaraan Vaksin di KTT ASEAN Ke-38

    "Dengan demikian, ASEAN akan siap dan segera lepas landas untuk mewujudkan Visi Baru pasca-2025. Indonesia juga telah menyampaikan concept paper bagi pembahasan mengenai penguatan ASEAN," ujar Jokowi.

    Di sisi lain, Kepala Negara menekankan agar demokrasi melalui proses inklusif pulih di Myanmar. Sebab, rakyat Myanmar memiliki hak hidup damai dan sejahtera. 

    Presiden mengingatkan kembali saat pertemuan Leaders’ Meeting di Jakarta pada 24 April 2021. Jokowi melihat optimisme ASEAN akan dapat membantu Myanmar keluar dari krisis politik.

    "Sayangnya, uluran tangan keluarga ini tidak disambut baik oleh militer Myanmar. Akses yang diminta oleh Utusan Khusus ASEAN sampai saat-saat akhir KTT masih belum diberikan oleh militer Myanmar," ucap Jokowi.

    Isu terakhir yang disampaikan Jokowi adalah implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik (AOIP). Pada 2023, Indonesia akan mengadakan forum kerja sama infrastruktur Indo-Pasifik.

    Forum ini akan diselenggarakan saat Indonesia memegang amanah sebagai Ketua ASEAN. "Saya mengharapkan kita terus memperkuat kerja sama dalam kerangka AOIP," kata Jokowi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id