Wapres Resmikan 1.014 Balai Latihan Kerja Komunitas

    Antara - 08 Juni 2021 11:27 WIB
    Wapres Resmikan 1.014 Balai Latihan Kerja Komunitas
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat berangkat menuju Tasikmalaya, Jawa Barat. Dok. Asdep KIP Setwapres



    Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan lebih dari seribu Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2020. BLK berbasis komunitas itu diresmikan bersamaan dengan acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan.

    "Pada 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 BLK Komunitas, sehingga secara total jumlah total BLK Komunitas yang telah selesai dibangun mencapai 2.127, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," kata Ma’ruf di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, 8 Juni 2021.

     



    Sebanyak 2.127 BLK Komunitas kini telah beroperasi di Indonesia. Jumlah tersebut, kata Ma'ruf, melampaui target 2.000 BLK Komunitas yang dicanangkan pada 2017.

    Baca: Kemenaker Genjot Kualitas SDM Melalui Balai Latihan

    Program BLK Komunitas dibuat untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi, mencetak SDM unggul, serta memberikan bekal keterampilan dan kompetensi kerja bagi masyarakat. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap BLK Komunitas dapat membekali warga sesuai kebutuhan pasar.

    Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengalokasikan program dan anggaran untuk bantuan operasional dan paket pelatihan vokasi. "Agar mereka mampu mengelola BLK Komunitas dengan baik," kata Ida.

    BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi di lembaga pendidikan keagamaan non-pemerintah, yang meliputi pondok pesantren, sekolah seminari, dhammasekha, dan pasraman. Puluhan program kejuruan diberikan di setiap BLK. Misalnya, teknik otomotif, teknik las, dan teknik pembuatan furnitur.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id