Cegah Zona Merah Meluas, Kolaborasi Pemerintah-Masyarakat Harus Ditingkatkan

    M Sholahadhin Azhar - 18 Juni 2021 16:14 WIB
    Cegah Zona Merah Meluas, Kolaborasi Pemerintah-Masyarakat Harus Ditingkatkan
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id



    Jakarta: Meluasnya zona merah harus diantisipasi melalui kolaborasi pemerintah dan masyarakat. Penerapan kebijakan yang tegas dan disiplin protokol kesehatan yang ketat diperlukan.

    "Sinergi pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menghadapi ledakan kasus positif Covid-19 di tanah air harus diwujudkan agar ancaman kolaps sistem pelayanan kesehatan bisa dihindari," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moedijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 18 Juni 2021.

     



    Perempuan yang akrab disapa Rerie ini menyoroti kenaikan kasus covid-19 dua pekan terakhir. Sebab, peningkatan tersebut menyebabkan perluasan zona merah di sejumlah provinsi.

    Dia mengutip catatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang mengungkap 13 zona merah pada 30 Mei 2021. Namun, pada 13 Juni 2021 jumlah tersebut bertambah menjadi 29 zona merah di 12 provinsi.

    Menurut Rerie, perluasan zona merah cenderung signifikan dan menunjukkan tingkat penularan covid-19 di Tanah Air cukup tinggi. Di sisi lain dia juga menyinggung tingkat kepatuhan warga DKI menerapkan protokol kesehatan.

    Baca: Cegah Penyebaran Covid-19, Pemimpin Diminta Berani Ambil Risiko

    Sebab, saat ini hanya 25 persen warga yang menggunakan masker. Padahal di akhir 2020, tingkat kepatuhan warga DKI Jakarta memakai masker sempat mencapai 70 persen. Kondisi tersebut harus ditanggulangi dengan langkah pencegahan dan penanggulangan yang cepat.

    "Ketidakpatuhan sebagian masyarakat terhadap larangan mudik dan pembatasan arus balik libur Lebaran 2021 telah memicu penularan Covid-19, yang menyebabkan ledakan kasus positif covid-19 di sejumlah daerah," kata dia.

    Rerie juga menekankan pentingnya pengendalian virus supaya fasilitas kesehatan tidak kolaps karena kelebihan beban. Dia mengingatkan pentingnya kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan pengendalian covid-19.

    "Disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, menurut dia, bentuk partisipasi masyarakat yang sangat diharapkan dalam penanggulangan covid-19 di tanah air," kata dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id