comscore

Presiden Ingin Kemitraan Indonesia-Selandia Baru Terus Diperkuat

Andhika Prasetyo - 16 November 2021 02:04 WIB
Presiden Ingin Kemitraan Indonesia-Selandia Baru Terus Diperkuat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Nanaia Mahuta di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 15 November 2021. Foto: BPMI
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Nanaia Mahuta di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara menyampaikan sejumlah hal, terutama mengenai kerja sama kedua negara.

"Selandia Baru adalah mitra penting Indonesia di Pasifik. Oleh karena itu, kemitraan ini harus terus diperkuat," ujar Jokowi di Jakarta, Senin, 15 November 2021.

 



Ia juga menegaskan Indonesia akan memberikan perhatian khusus kepada Pasifik selama presidensi Indonesia di G20 pada 2020. Negara-negara di kawasan tersebut, termasuk Selandia Baru, akan diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar Oktober 2022.

"Dalam COP-26 minggu lalu, Indonesia secara khusus membawakan suara negara-negara kepulauan kecil yang tergabung dalam Archipelagic and Islands State," ungkap Jokowi.

Baca: Indonesia-Selandia Baru Tingkatkan Kerja Sama Kesehatan dan Transisi Energi

Menlu Retno Marsudi mengungkapkan Indonesia dan Selandia Baru telah memiliki kemitraan komprehensif sejak 2018. Kolaborasi tersebut telah menjadi fondasi yang kuat karena didasarkan pada asas yang saling menguntungkan. 

Dalam pertemuan, Presiden juga menyampaikan perkembangan pembangunan Papua. Jokowi berterima kasih atas dukungan Selandia Baru terhadap integritas teritorial Indonesia. Presiden menegaskan penghormatan hak asasi manusia dan pembangunan selalu menjadi perhatiannya, terutama di Papua.

Sejumlah pembangunan infrastruktur masif telah dilakukan, antara lain Jalan Trans Papua sepanjang  3.422 kilometer (km), jalan perbatasan Papua sepanjang 1.098 km, dan Jembatan Youtefa sepanjang 1,3 km. Pembangunan infrastruktur dimulai sejak pemerintahan pertama Presiden Jokowi pada 2015.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id