Prime Talk

    Politikus PKS Sebut Jokowi Harus Turun Tangan Atasi Lapas

    MetroTV - 11 September 2021 13:00 WIB
    Politikus PKS Sebut Jokowi Harus Turun Tangan Atasi Lapas
    Foto: Dok/Screenshot Metro TV



    Jakarta: Kebakaran Lembaga Pemasyarakat (Lapas) I Tangerang, Banten kian mengupas berbagai hal terkait pembenahan dan evaluasi seluruh lapas di Indonesia. Sejumlah pihak pun mengatakan hal ini menjadi tanggung jawab Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly.

    Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil menjelaskan, pemunduran Menkumham bukan menjadi sebuah solusi. Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus ikut serta dalam penanganan masalah lapas yang kian memburuk.

     



    "Hilirnya dari persoalan politik pemidanaan kita saat ini. Jadi Presiden memang harus turun tangan karena ini adalah problematika nasional,” kata Nasir dalam tayangan Prime Talk Metro TV pada Jumat, 10 September 2021.

    Nasir menerangkan, upaya untuk mereformasi dan mengurangi jumlah narapidana di lapas dan rumah tahanan sebenarnya sudah dilakukan. Namun, peran sejumlah pihak sangat diperlukan guna menyelesaikan permasalahan ini.

    "Ini tidak bisa sendiri dilakukan, melibatkan institusi penegak hukum lainnya dan bagaimana kita mengevaluasi integral criminal justice system kita," jelas Nasir.

    Nasir berharap, berbagai evaluasi dan perbaikan yang tengah dipersiapkan dan dilakukan dapat menambal berbagai persoalan terkait lapas. Kerjasama dinilai sangat diperlukan, karena masalah politik pemidanaan tidak hanya menjadi tanggung jawab Menkumham Yasonna H Laoly. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id