Profesor Jepang Bongkar Gaya Kepemimpinan Megawati

    Cahya Mulyana, Media Indonesia.com - 09 Juni 2021 15:07 WIB
    Profesor Jepang Bongkar Gaya Kepemimpinan Megawati
    Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri/Media Indonesia/Susanto.



    Jakarta: Kepemimpinan Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri diulik. Terutama, menyangkut rencana Universitas Pertahanan (Unhan) memberikan gelar profesor (guru besar tidak tetap) kepada Megawati.

    Profesor Mizuno Kosuki dari Emeritus of Development Studies Kyoto University menyebut Megawati pantas diberi gelar tersebut. Salah satu pertimbangannya, karena kesuksesan Megawati.

     



    "Karena ia telah diakui sebagai pemimpin politik nasional yang sukses untuk demokratisasi di Indonesia, dan juga pembangunan kelembagaan di tingkat pemerintahan," ungkap Profesor Mizuno Kosuke dari Emeritus of Development Studies Kyoto University Japan dikutip dari Media Indonesia, Rabu, 8 Juni 2021.

    Menurut profesor tamu di Universitas Indonesia ini, Megawati merupakan wakil presiden dan presiden wanita pertama Indonesia. Selain itu, Megawati juga memimpin partai politik sejak PDI di tahun 1993, hingga PDI Perjuangan saat ini.

    "Dari perspektif ilmu politik, saya percaya pemerintahan dan kepemimpinannya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan adalah implementasi nyata dari kepemimpinan politik," kata Mizuno.

    Di sisi lain, dia juga menilai kepemimpinan Megawati melewati rezim Orde Baru. Anak Presiden Pertama Indonesia Soekarno itu tetap bertahan melewati peristiwa penyerangan pada 27 Juli 1996.

    Baca: Bahas Ancaman Maritim Digital, Rektor Unhan Raih Gelar Profesor

    "Dia menjadi simbol perlawanan terhadap rezim otoriter Presiden Soeharto, dan demokratisasi di Indonesia," ungkap Mizuno.

    Guru Besar Sosiologi di Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri mengaku sudah mempelajari peran penting serta kontribusi Megawati. Baik sebagai wakil presiden, presiden, hingga kini sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id