Penyemprotan Cairan Terhadap WNI dari Wuhan Dipastikan Aman

    Kautsar Widya Prabowo - 03 Februari 2020 19:00 WIB
    Penyemprotan Cairan Terhadap WNI dari Wuhan Dipastikan Aman
    Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Antara/Wahyu Putro
    Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan penyemprotan disinfektan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Hubei, Tiongkok, sudah sesuai prosedur internasional. Penyemprotan cairan itu sempat menjadi kontroversi di jagat maya.  

    "Itu disinfektan sudah ada rumusnya, ada ingredientnya, enggak usah takut," kata Terawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020. 

    Menurut Terawan, penyemprotan juga sudah sesuai prosedur tetap (protap) TNI dan organisasi kesehatan dunia (WHO). Masyarakat pun diminta tidak khawatir 

    "Memang harus dilakukan. Kan di sini ada aturan WHO, ada aturan ICMM (International Council of Mining and Metals), ada aturan dari militer sendiri-sendiri," jelasnya.

    Beredar video penyemprotan WNI dari Wuhan ketika tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. Penyemprotan dilakukan sesaat setelah turun dari pesawat. Mereka juga diminta untuk menutup wajah agar cairan yang disemprot tidak mengiritasi bagian sensitif seperti mata.

    Video tersebut langsung menuai kontroversi di media sosial. Beberapa warganet menilai upaya tersebut tak akan membunuh virus. Ada juga yang menilai sebagai tindakan berlebihan.

    Pemerintah Indonesia telah memulangkan 243 WNI dari Wuhan, tempat awal virus korona menyebar. Sebanyak lima di antaranya merupakan tenaga advance yang diutus pemerintah. Semua yang dipulangkan dipastikan dalam keadaan sehat. Namun, tetap harus menjalani karantina selama 14 hari sesuai standar prosedur kesehatan internasional.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id