30 Ribu Hektare Tanah Digarap untuk Food Estate Tahun Ini

    Nur Azizah - 08 Oktober 2020 12:02 WIB
    30 Ribu Hektare Tanah Digarap untuk Food Estate Tahun Ini
    Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
    Jakarta: Lumbung pangan atau food estate mulai dibangun 2020. Pembangunan food estate dimulai dari Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, dengan luas lahan 10 ribu hektare.

    Pembangunan dilanjutkan di Kabupaten Kapuas dengan luas lahan 20 ribu hektare. Total food estate yang dibangun seluas 30 ribu hektare tahun ini.

    "Kita ingin memastikan dimulainya food estate untuk yang semuanya nanti di sini 168 hektare akan ditanami padi," kata Jokowi di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Jokowi menyampaikan penggarapan lahan pertanian menggunakan alat-alat modern. Seperti, penggunaan drone untuk pemupukan.

    "Kemudian untuk membajak sawah memakai traktor apung. Ini traktor satu hari bisa membajak 2 hektare. Ini sebuah kecepatan karena yang kita kerjakan adalah sebuah hamparan yang sangat luas sehingga dibutuhkan mekanisasi, alat-alat modern," ungkap dia.

    (Baca: Menteri LHK: Pengembangan Food Estate Tak Abaikan Aspek Lingkungan)

    Kepala Negara juga berencana mengombinasikan antara persawahan dengan perkebunan. Nantinya, lahan di pinggir sawah akan ditanami jeruk.

    "Kemudian ada lagi di pinggir, sisi lainnya ada bawang merah, ada kelapa. Kita harapkan nanti yang dihasilkan bukan hanya padi tetapi ada jeruk dan kelapa," tutur dia.

    Jokowi juga ingin membudidayakan ikan keramba. Hasilnya bisa dirasakan tiga hingga empat bulan ke depan.

    "Dengan cara-cara ini kita harapkan pendapatan petani akan naik, tidak hanya dari padi, tapi juga dari jeruk, bawang merah, kelapa, dan ikan, plus dari itik. Kombinasi model bisnis seperti ini yang akan kita coba lebih dahulu," jelas Jokowi.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id