Legislator: Korps Bhayangkara Punya Banyak Stok Calon Kapolri

    Anggi Tondi Martaon - 14 November 2020 10:23 WIB
    Legislator: Korps Bhayangkara Punya Banyak Stok Calon Kapolri
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Beberapa nama muncul sebagai kandidat calon Kepala Polri (Kapolri). Banyaknya kandidat dalam bursa calon Kapolri dianggap wajar, sebab Korps Bhayangkara punya segudang kandidat yang memiliki kapasitas.

    "Soal kemampuan dan kapasitas saya meyakini banyak stok calon Kapolri di kepolisian yang siap menduduki jabatan itu," kata anggota Komisi III, Supriansa, kepada Medcom.id, Sabtu, 14 November 2020.

    Namun, politikus Partai Golkar itu tidak ingin berspekulasi terkait nama-nama yang muncul. Apalagi menunjuk sosok yang dianggap berpotensi besar menjadi Kapolri selanjutnya.

    Baca: Wakapolri dan Kabareskrim Disebut Sebagai Kandidat Kuat Kapolri

    Dia menyerahkan pemilihan calon Kapolri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia meyakini, sosok yang ditunjuk merupakan pilihan terbaik.

    Dia menjelaskan nantinya satu nama bakal diserahkan oleh Presiden Jokowi ke DPR. Kandidat tersebut bakal melewati uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III sebelum dilantik sebagai Kapolri.

    "Kita tunggu saja siapa yang ditunjuk Pak Presiden," ujar dia.

    Kapolri Jenderal Idham Azis memasuki masa pensiun pada awal 2021. Sejumlah nama kandidat mengemuka menjadi suksesor Idham.

    Indonesia Police Watch menyebut tiga nama perwira tinggi (pati) bakal menjadi Kapolri selanjutnya. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil.

    Selain itu, ada juga dua nama lain yang dinilai layak menjadi Kapolri ke-25. Keduanya adalah Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kabareskrim Komjen Sigit Listyo Prabowo.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id