comscore

Terpopuler Nasional, Jokowi Singgung Perang Rusia-Ukraina hingga 'Pukulan' Terakhir untuk Covid-19

Juven Martua Sitompul - 13 Mei 2022 08:00 WIB
Terpopuler Nasional, Jokowi Singgung Perang Rusia-Ukraina hingga Pukulan Terakhir untuk Covid-19
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Jakarta: Sejumlah isu di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Kamis, 12 Mei 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Amerika Serikat (AS) menciptakan perdamaian Indo-Pasifik hingga ajakan untuk pemimpin dunia beri pukulan terakhir untuk covid-19.

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Jokowi Singgung Perang Ukraina di Kongres AS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal perang yang terjadi di Ukraina dalam jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, AS, Kamis, 12 Mei 2022. Perang di Ukraina berdampak pada ekonomi dunia termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi.
 
"Perang di Ukraina menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa dan berdampak terhadap ekonomi global," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden.
 
Dia mengungkapkan jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan dan unilateralisme dikedepankan maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain. Termasuk di Indo-Pasifik.

Jokowi mengajak AS untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kerja sama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik.
Baca selengkapnya di sini

2. Penjabat Kepala Daerah Bakal Berkualitas Jika Dipilih Tanpa Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengingatkan proses penunjukan penjabat (pj) kepala daerah harus dilakukan secara transparan. Penjabat kepala daerah dinilai akan berkualitas jika dipilih tanpa korupsi.
 
"Sejak awal KPK mengingatkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses penunjukan pj kepala daerah untuk menghindari potensi korupsi, praktik transaksional, maupun kepentingan politik demi mendapatkan calon penjabat yang berkualitas dan memenuhi kriteria," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Mei 2022.
 
KPK berharap pj kepala daerah yang dilantik memiliki kapasitas, kompetensi, dan integritas tinggi saat memimpin. Dengan begitu, tata kelola daerah yang dipimpin diyakini bakal maju meskipun hanya menjabat sementara.

Baca selengkapnya di sini

3. Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Luncurkan Pukulan Terakhir untuk Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pemimpin dunia memanfaatkan momentum menurunnya jumlah kasus covid-19. Semua negara diminta meluncurkan serangan terakhir untuk virus tersebut, dengan cara berkolaborasi dalam hal vaksinasi.
 
"Momentum turunnya jumlah kasus saat ini, harus dimanfaatkan untuk meluncurkan pukulan terakhir terhadap covid-19," kata Jokowi dalam pidatonya pada KTT Global Covid-19 ke-2, di Washington DC, Amerika Serikat, yang diunggah dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Jokowi menekankan vaksin harus secepatnya menjadi vaksinasi. Kolaborasi semua negara harus menjembatani tantangan vaksinasi, mulai dari pembiayaan, logistik, dan sumber daya manusia.

Kepala Negara menyampaikan pandemi covid-19 memberikan pelajaran yang berharga bagi semua bangsa. Ketahanan kesehatan dan kesiapsiagaan dunia terhadap pandemi ternyata tidak cukup kuat.

Baca selengkapnya di sini

Informasi terkait tiga isu itu akan terus diperbarui di Kanal Nasional Medcom.id. Klik di sini untuk mendapatkan informasinya.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id