comscore

Gus Yahya Diharap Bisa Memajukan Gerakan Islam Moderat

Nur Azizah - 24 Desember 2021 19:09 WIB
Gus Yahya Diharap Bisa Memajukan Gerakan Islam Moderat
Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor. Dok. istimewa
Jakarta: Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor mengucapkan selamat kepada KH Yahya Cholil Staquf. Gus Yahya terpilih sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026 dalam Sidang Pleno V Muktamar ke-34 NU di Gedung Serbaguna Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung.

“PBB menyampaikan selamat kepada KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar,” kata Afriansyah dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 24 Desember 2021.
Ia berharap Gus Yahya bisa memajukan NU sebagai gerakan Islam moderat. Selain itu, dapat meningkatkan kerja sama dengan ormas Islam dan organisasi keagamaan di Tanah Air.

“Sekali lagi selamat kepada Gus Yahya. Semoga Gus Yahya dapat memperkuat kerja sama dengan ormas Islam dan organisasi keagamaan di Tanah Air maupun mancanegara,” ujarnya.

Afriansyah juga mengapresiasi penyelanggaraan Muktamar NU ke-34 berjalan lancar dan damai. Mekanisme pemilihan ketua umum PBNU menggunakan pemungutan suara. 

Baca: Profil KH Yahya Cholil Staquf yang Terpilih sebagai Ketum PBNU

“Kami mengapresiasi dan salut atas setiap tahapan dalam Muktamar NU yang berjalan dengan baik, demokratis dan sejuk. Prinsip musyawarah mufakat dijunjung tinggi seperti dalam pemilihan Rais Aam PBNU melalui Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA),” jelasnya.

Dalam proses penghitungan suara, kiai yang biasa dipanggil Gus Yahya ini berhasil memperoleh 337 suara. Sedangkan, calon ketum PBNU petahana KH Said Aqil Siroj hanya mendapatkan 210 suara. Sebanyak satu suara dianggap batal.  

Proses pemungutan suara di Muktamar ke-34 NU dilakukan dua tahap. Pemilihan tahap pertama berlangsung sejak pukul 02.00 dini hari hingga pukul 06.00 pagi. Dalam proses ini, muncul beberapa nama sebagai bakal calon, seperti KH As'ad Said Ali dan KH Marzuki Mustamar. 

Namun, hanya Gus Yahya dan Kiai Said yang lolos untuk maju dalam tahap kedua sebagai calon ketum PBNU setelah mendapat lebih dari 99 suara. Dalam pemilihan tahap pertama ini, Gus Yahya memperoleh 327 suara dan Kiai Said mendapatkan 203 suara.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id