Caleg Perempuan Diusulkan Berada di Nomor Urut Kecil

    Faisal Abdalla - 09 September 2019 08:46 WIB
    Caleg Perempuan Diusulkan Berada di Nomor Urut Kecil
    Peneliti Perludem, Fadli Ramadanil (kiri). Foto: Faisal Abdalla/Medcom.id
    Jakarta: Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan ada aturan yang mewajibkan partai politik memberikan nomor urut kecil kepada calon anggota legislatif dari kalangan perempuan. Hal itu semata untuk meningkatkan keterpilihan caleg perempuan.

    "Kalau kita bandingkan dalam ruang lingkup sederhana dengan dapil yang banyak, dengan 30 persen di setiap dapil itu dikali 16 partai politik peserta pemilu, tentu ada peluang yang begitu besar," ujar peneliti Perludem, Fadli Ramadanil, dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 8 September 2019.  

    Menurut dia, caleg perempuan selama ini terjegal dengan nomor urut dalam kontestasi pemilu. Sehingga, mereka kalah bersaing dengan caleg lainnya.

    "Meskipun sistem pemilu kita tak lagi memengaruhi keterpilihan berdasarkan nomor urut, tapi secara faktual, realitasnya nomor-nomor urut kecil itu masih memengaruhi psikologis pemilih dalam menentukan pilihanya," ujar dia.

    Fadli mengatakan Perludem juga mendorong agar keterwakilan perempuan tidak hanya berhenti di proses pencalonan. Keterwakilan perempuan harus konsisten dijalankan hingga pengisian pimpinan dan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR, MPR, DPD, dan DPRD. 

    "Ini butuh komitmen pimpinan parpol dan elite parpol di lembaga legislatif. Butuh komitmen dari seluruh anggota legislatif bahwa dorongan keterwakilan politik perempuan adalah pekerjaan yang tak boleh berhenti," kata dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id