Ryamizard Ingatkan Urgensi Sistem Pertahanan Semesta

    Theofilus Ifan Sucipto - 09 Juli 2019 12:06 WIB
    Ryamizard Ingatkan Urgensi Sistem Pertahanan Semesta
    Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta TNI dan rakyat bersatu mempertahankan negara. Kedua komponen ini penting dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).

    "TNI dan rakyat ibarat air dan ikan. Air adalah rakyat dan ikan adalah TNI atau pejuang-pejuang. Ikan tidak mungkin hidup kalau tidak ada airnya," kata Ryamizard di Gedung Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2019.

    Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengatakan filosofi tersebut diadopsi dari pengalaman perang di era kemerdekaan. Saat itu, kata dia, rakyat dikerahkan untuk menjalankan perlawanan bersenjata.

    Konsep tersebut, kata Ryamizard, dituangkan oleh konstitusi dalam sistem pertahanan negara. Sistem tersebut mengintegrasikan seluruh unsur dan komponsen bangsa beserta alam dan isinya.

    "Inilah yang dikenal dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Semua potensi bangsa harus dibangun dan didayagunakan secara efektif," jelas pensiunan TNI berbintang dua ini. 
     
    Baca: Menhan Minta Masyarakat Waspadai Upaya Pecah Belah NKRI

    Ryamizard menyebut sishankamrata lahir dari perjuangan yang didasarkan kebersihan hati. Sishankamrata berfungsi mengatasi segala bentuk ancaman dan gangguan yang mengusik keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Konstitusi, kata Ryamizard, juga menyebut kekuatan pertahanan negara menggunakan rakyat sebagai basis kekuatannya. Rakyat adalah roh kekuatan bangsa yang melahirkan TNI. 

    "Oleh karena itu, kemanunggalan TNI dan rakyat merupakan senyawa yang tidak terpisahkan sepanjang masa," pungkas dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id